PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH PULAU ARAR KABUPATEN SORONG

Authors

  • Purnawati Saiman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Imam Mahdi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mersi Axelina Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

peran guru, Kemampuan Motorik Halus, kolase

Abstract

Penelitian ini mengulas peran guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak-anak kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar. Perumusan masalahnya melibatkan dua pertanyaan, Pertama-tama adalah sejauh mana guru berkontribusi dalam perkembangan keterampilan motorik halus anak melalui aktivitas kolase anak-anak dalam kelompok B melalui aktivitas kolase di TK Aisyiyah Pulau Arar? Selanjutnya, yang kedua adalahapa rintangan yang timbul dan rekomendasi solusi untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak-anak tingkat B di TK Aisyiyah Pulau Arar?. Jenis penelitian yang menggunakan pendekatan bersifat kualitatif deskriptif dan memperoleh data mengunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran guru memiliki dampak signifikan dalam berkembangnya keterampilan motorik halus anak-anak melalui kegiatan kolase dalam konteks pendidikan dan bimbingan.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Saiman, P., Mahdi, N. I., & Axelina, M. (2023). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH PULAU ARAR KABUPATEN SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 2(1), 22–30. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1555

Issue

Section

Articles