PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI KOTA SORONG

Authors

  • Narti Narti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mersi Axelina Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anggita Maharani Rambe Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

keaksaraan awal, Kartu Huruf

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kemampuan keaksaraan awal dengan menggunakan  media kartu huruf pada anak kelompok  b di tk pertiwi kota sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di tk pertiwi kota sorong, dalam mengembangkan kemampuan keaksaraan awal melalui media kartu huruf pada anak kelompok b di tk pertiwi kota sorong, menunjukkan bahwa dari 9 anak yang telah melakukan kegiatan kartu huruf sebanyak 5 anak yang masuk pada kategori berkembang sangat baik (bsb), dan 3 anak  pada kategori berkembang sesuai harapan (bsb) 1 anak anak pada kategori mulai berkembang (mb). Mulai berkembang kemampuan keaksaraan dikarenakan kurangnya bimbingan dan perhatian dari guru serta kehadiran dalam aktivitas belajarnya rendah. Maka dapat peneliti simpulkan bahwa melalui kegiatan kartu huruf dapat mengembangkan kemampuan keaksaraan awal anak kelompok b di tk pertiwi kota sorong sangat baik.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Narti, N., Axelina, M., & Rambe, A. M. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI KOTA SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 2(1), 40–49. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1553

Issue

Section

Articles