DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BIAK
Keywords:
Pembelajaran Sains, Media Bahan AlamAbstract
Memahami dunia sains, mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna, dan mengembangkan minat serta motivasi jangka panjang terhadap sains, semuanya dibantu dengan memperkenalkan anak-anak pada konsep dan teknologi dasar sains sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melaporkan pelaksanaan kegiatan berbasis sains dengan daun alam pada siswa kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Biak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Peneliti menemukan hal- hal berikut tentang kemampuan umum anak dalam kegiatan ilmiah melalui observasi dan wawancara: a). Tujuh anak menunjukkan tanda-tanda perkembangan, tiga anak tumbuh normal, dan satu anak tertinggal. Kesimpulan: 6 anak berada pada jalur perkembangannya, 3 anak baik, 1 anak mengalami kemajuan, dan 1 anak masih tertinggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 anak menunjukkan tanda-tanda perkembangan, 3 anak berada pada jalur yang benar, dan 1 anak masih tertinggal. Diketahui bahwa dari 11 anak, 10 orang menunjukkan tanda-tanda perkembangan dan 1 orang tidak. Keterampilan harapan dan seorang pemuda yang belum mampu mengamati, melakukan, menemukan, mencari tahu, dan melaporkan temuannya masih perlu dikembangkan.