DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BIAK

Authors

  • Annisa Tri Wahyuni Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nurul Alia Ulfa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pembelajaran Sains, Media Bahan Alam

Abstract

Memahami dunia sains, mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna, dan mengembangkan minat serta motivasi jangka panjang terhadap sains, semuanya dibantu dengan memperkenalkan anak-anak pada konsep dan teknologi dasar sains sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melaporkan pelaksanaan kegiatan berbasis sains dengan daun alam pada siswa kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Biak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Peneliti menemukan hal- hal berikut tentang kemampuan umum anak dalam kegiatan ilmiah melalui observasi dan wawancara: a). Tujuh anak menunjukkan tanda-tanda perkembangan, tiga anak tumbuh normal, dan satu anak tertinggal. Kesimpulan: 6 anak berada pada jalur perkembangannya, 3 anak baik, 1 anak mengalami kemajuan, dan 1 anak masih tertinggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 anak menunjukkan tanda-tanda perkembangan, 3 anak berada pada jalur yang benar, dan 1 anak masih tertinggal. Diketahui bahwa dari 11 anak, 10 orang menunjukkan tanda-tanda perkembangan dan 1 orang tidak. Keterampilan harapan dan seorang pemuda yang belum mampu mengamati, melakukan, menemukan, mencari tahu, dan melaporkan temuannya masih perlu dikembangkan.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Wahyuni, A. T., Marjuk, Y., & Ulfa, N. A. (2023). DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BIAK. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 2(1), 50–59. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1552

Issue

Section

Articles