PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE PINTAR TERHADAP KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH PULAU ARAR KABUPATEN SORONG

Authors

  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Purnawati Saiman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Kognitif , Puzzle pintar pintar

Abstract

Penerapan Permainan Puzzle Pintar Terhadap  Kognitif  Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar  Kabupaten Sorong.  Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan kognitif anak keompok B TK Aisyiyah Pulau Arar  Kabupaten sorong melalui permainan puzzle pintar  pintar dapat meningkat? Tujuan penelitian ini untuk meningkatan kemampuan kognitif melalui permainan Puzzle pintar  pada anak kelompok B.  Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang bertempat di TK Aisyiyah Pulau Arar  Kabupaten sorong. dengan subjek 20 anak, prosedur yang digunakan dalam penelitian yakni tahap perencanaan, pelaksanaan,  tahap observasi, refleksi dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian Pada siklus I pertemuan 1 terjadi peningkatan kognitif menjadi 10 orang anak (50%).  Selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 kembali terjadi peningkatan menjadi 12 orang atau 60% dari 20 orang anak yang memiliki kemampuan kognitif  Pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 15 orang (75%), siklus II pertemuan 2 menjadi 19 orang atau (95%) anak mengalami peningkatan kognitif melalui permainan puzzle pintar . Berdasarkan Hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui permainan puzzle pintar , kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar  Kabupaten sorong  meningkat.

Downloads

Published

2021-11-18

How to Cite

Marjuk, Y., & Saiman, P. (2021). PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE PINTAR TERHADAP KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH PULAU ARAR KABUPATEN SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 1(1), 15–24. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1550