Pengaruh Pemanfaatan Virtual Lab Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Fotosintesis Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Raja Ampat
DOI:
https://doi.org/10.36232/pendidikan.v13i2.3027Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemanfaatan virtual lab terhadap hasil belajar siswa pada materi fotosintesis. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan one group pretest- posttest design. Eksperimen ini dilakukan karena dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest murid mengalami perubahan nilai yang dapat dilihat dari hasil posttest murid. Nilai rata-rata dari posttest murid menunjukkan hasil sebesar 76,15 yang berada di atas nilai KKM dengan persentase kriteria ketuntasan menanggapi peristiwa pada murid yang tuntas pembelajaran sebesar 80% dan yang belum tuntas sebesar 20%. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung= 18,211 dengan df sebesar 20-1 = 19 pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh ttabel = 2,093 sehingga diperoleh thitung > ttabel. maka disimpulkan H0 ditolak H1 diterima yang berarti bahwa pemanfaatan virtual lab berpengaruh terhadap terhadap hasil belajar IPA pada materi fotosintesis kelas VIII di SMP N 1 Raja Ampat.