Perancangan Sistem Informasi Nilai Mahasiswa Berbasis Web pada Prodi PTI FKIP UNIMUDA Sorong
Keywords:
Sistem informasi, PTI, informasi nilai, R&D, PrototypingAbstract
Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) merupakan salah satu program studi di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong Proses pengolah nilai pada program studi PTI masih menggunakan proses secara manual, proses ini di nilai kurang efektif karena memerlukan waktu yang sangat lama dan menghabiskan banyak biaya. Dengan adanya fasilitas jaringan komputer seharusnya program studi PTI dapat memberikan layanan yang lebih maksimal dalam pengolahan nilai mahasiswa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi nilai mahasiswa berbasis web serta mengetahui valid prantis dan efektifitas sistem informasi nilai mahasiswa berbasis web pada prodi PTI FKIP UNIMUDA Sorong. Jenis penelitian yang digunakan adalah (research and development/R&D) dan menggunakan model pengembangan Prototyping, teknik pengunpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi lapangan, dokumentasi dan kuesioner. Pengujian sistem dilakukan dengan pengujian blackbox. Analisi data yang digunakan yaitu validasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Perancangan Sistem Informasi Nilai Mahasiswa PTI FKIP UNIMUDA Sorong di rancang dengan bahasa pemograman php, dan html yang telah berhasil dibangun dengan Notepad++ dan basis data mengunakan MySQL. Hasil analisis pada uji coba kelompok kecil dengan melihat penilaian responden terhadap semua aspek dengan rata-rata 3,52 dengan presentase 87,89% berada pada kategori sangat baik, sedangkan hasil analisis pada uji coba kelompok besar memiliki rata-tata 3,58 dengan presentase 90,2% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar sistem yang dikembangkan valid, efektif dan efisien.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.