Mrs Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo

Authors

  • Indah Dwi Rahayu SMP Negeri 2 Gudo Jombang

Keywords:

Aplikasi Cap Cut, ketrampilan berbicara bahasa inggris.

Abstract

Berdasarkan data di lapangan, motivasi dan hasil belajar bahasa inggris siswa SMP Negeri 2 Gudo kelas IX-A masih tergolong rendah, ini dapat terlihat dari fokus siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa inggris kurang baik, siswa mudah sekali melupakan materi yang baru diterima, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dikarenakan metode guru selama ini konvensional, strategi pembelajaran yang dilakukan berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif dan merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan berbicara Bahasa inggris kelas IX-A di SMP Negeri 2 Gudo dengan penerapan Aplikasi Cap Cut untuk membuat rekam video. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus.  Dari hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa Penerapan Aplikasi Cap Cut untuk merekam video dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketrampilan berbicara Bahasa inggris siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo tahun pelajaran 2021/2022. Hasil observasi pada siklus 1 menunjukkan persentase aktivitas guru mencapai 79%, persentase aktivitas siswa mencapai 67%, dan perolehan hasil belajar siswa adalah 75% siswa yang tuntas. Pada siklus 2, perolehan persentase keterlaksanaan aktivitas guru mencapai 86%, aktivitas siswa sebesar 86%, dan perolehan hasil belajar siswa adalah 88% siswa yang tuntas Pada siklus 1 masih terdapat 8 siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM (tidak tuntas), sedangkan pada siklus 2 terdapat 4 siswa yang tidak tuntas. Keaktifan siswa dalam bertanya dan berdiskusi juga mengalami peningkatan.

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

Rahayu, I. D. (2022). Mrs Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(2), 44–50. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpetisi/article/view/792

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.