Perancangan Sistem Informasi Raport Siswa Berbasis Web Pada SD Inpres 59 Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i1.363Keywords:
sistem informasi, raport, perancangan, R&DAbstract
SD Inpres 59 Kabupaten Sorong adalah salah satu Sekolah di Kabupaten Sorong yang masih menggunakan sistem konvensional, sehingga guru membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penginputan nilai siswa selain itu input data konvensioanl dapat beresiko pada human eror. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem informasi raport siswa berbasis web agar biasa memudahkan dan mempercepat guru walikelas dan guru mata pelajaran dalam menginput nilai siswa serta diharapkan dapat mengubah cara kerja guru dari sistem konvensional menjadi sistem kerja digital, selain itu perancangan sistem informasi raport siswa ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dalam menginput data dan nilai siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah research and development dan model pengembangan yang digunakan yaitu model prototype. Perancangan menu login yang terdiri dari admin, wali kelas, guru mata pelajaran dan siswa masing-masing memeiliki akses tersendiri saat akan mengakses sistem sehingga keamanan program terjaga. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil validasi ahli mendapatkan kesimpulan sangat baik, uji coba lapangan dengan 6 responden yang telah dilakukan semua indikator telah memenuhi standar dengan nilai rata-rata 4,8 dengan presentase 93% dari 100% dengan kesimpulan sangat baik, yang artinya sistem valid dan efektif digunakan. Hasil uji coba buku panduan dengan 1 responden yaitu walikelas 2 yang telah dilakukan semua indikator telah memenuhi standar dengan nilai rata-rata 4,3 dengan presentase 89% dari 100% dengan kesimpulan sangat baik, yang artinya buku panduan valid dan efektif digunakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Nitari Ribanor Sabarudin, Juliana T. Imoliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.