Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD melalui Model Pembelajaran Talking Stick dalam Pembelajaran PPKn
Keywords:
talking stick, motivasi, ppknAbstract
Penggunaan metode monoton dengan ceramah serta tanya jawab dapat menyebabkan siswa kurang antusias dan motivasi belajar berkurang. Penelitian ini memiliki tujuan utama mewujudkan model pembelajaran PPKn yang menarik. Peneltian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dalam dua siklus yang bertempat di SD Inpres Pampang 2 Makassar. Sampel yang diambil adalah guru wali kelas beserta siswa kelas VI SD Inpres Pampang 2 Makassar yang berjumlah 24 orang. Hasil riset adalah siswa kelas VI SD Inpres Pampang 2 Makassar sangat antusias dengan model pembelajaran talking stick dalam pembelajaran PPKn. Dapat terlihat saat siswa merasa senang dengan model pembelajaran talking stick yang menghilangkan rasa kantuk serta bosan ketika belajar PPKn meningkatkan minat semangat belajar, rasa percaya diri, mengoptimalkan rasa keingintahuan terhadap materi yang diberikan, bagaimana siswa menjadi aktif dan arahan yang guru sampaikan dapat dimengerti oleh siswa. Berdasarkan angket tentang peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran talking stick pada keaktifan belajar siswa dipembelajaran PPKn materi nilai-nilai pancasila terbukti 58% siswa memilih setuju, 33% siswa memilih sangat setuju, dan 8% siswa memilih tidak setuju. Oleh karena itu, model pembelajaran yang diberikan yaitu talking stick efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran PPKn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.