Analisis Pemikiran Pragmatisme Ibnu Khaldun dan Relevansinya Terhadap Perkembangan Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Trisha Febrilliant Adams Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainun Nadlif Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.36232/pendidikan.v13i2.664

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menelaah tokoh terkemuka Ibnu Khaldun tentang pemikiran filsafat pragmatisme terhadap perkembangan pendidikan agama islam. Adapun tokoh yang diteliti dalam peneliti saat ini adalah Ibnu Khaldun. tokoh tersebut merupakan salah satu ahli yang berpengaruh terhadap khazanah dunia pendidikan. Pendekatan yang diguakan dalam tulisan merupakan penelitian sistematik literature review, dengan metode literature review ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran pragmatism Ibnu Khaldun dalam dunia pendidikan Sumber data berasal dari kitab Mukaddimah Ibnu Khaldun, literature, dan artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan islam, Penggunaan manual dan digital menjadi teknik dalam pengumpulan data. Setelah pencarian literatur, langkah selanjutnya adalah skrining dan seleksi artikel yang sesuai, kemudian menganalisis dan mensintesis temuan-temuan dari artikel yang dipilih.

Kata Kunci  : Analisis, Pragmatisme, Pendidikan,

                                                                 

Abstract  : This research aims to examine the prominent figure Ibnu Khaldun regarding his pragmatic philosophical thoughts on the development of Islamic religious education. The figure being studied by the current researchers is Ibnu Khaldun. This figure is one of the experts who has influenced the world of education. The approach used in this article is systematic literature review research, with this literature review method the aim is to analyze Ibn Khaldun's pragmatic thinking in the world of education. Data sources come from books Mukaddimah Ibnu Khaldun, literature and articles related to the field of Islamic education. The use of manual and digital is a technique in data collection. After the literature search, the next step is screening and selecting appropriate articles, then analyzing and synthesizing the findings of the selected articles.

Keywords: Analysis, Pragmatism, Education

Downloads

Published

2025-07-18

How to Cite

Adams, T. F., & Nadlif, A. (2025). Analisis Pemikiran Pragmatisme Ibnu Khaldun dan Relevansinya Terhadap Perkembangan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, 13(2), 21–34. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v13i2.664