Efektivitas Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Masyarakat Kampung Warmon Kokoda Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.36232/pendidikan.v13i2.443Keywords:
Kartu Flash, Buta Aksara, Pra Eksperimen, DRTPM, Warmon KokodaAbstract
Di Indonesia angka buta aksara masih tergolong tinggi sehingga menjadi perhatian bagi semua pihak. Di kampung warmon Kokoda buta aksara menjadi permasalahan yang urgen untuk diselesaikan, masih banyak masyarakat yang belum bisa membaca. Tujuan penelitian adalah mengetahui efektifitas media flashcard terhadap kemampuan membaca. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan uji normalitas nilai signifikansi Sig. pre-test 0,109 pada Kolmogrov-Smirnov adalah 0,200>0,05 dan Shapiro-Wilk adalah 0,109 > 0,05 yang menunjukan tidak terjadi gangguan asumsi normalitas pada pre-test dan dapat dikatakan berdistribusi normal. Sedangkan nilai signifikansi Sig. post-test pada Kolmogorov-Smirnov yaitu 0,001 <0,05 dan Shapiro-Wilk adalah 0,000 <0,05 yang berarti terjadi gangguan asumsi normalitas pada data post-test sehingga dapat dikatakan berdistribusi tidak normal. Hasil uji Wilxocon Signed Ranks Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000<0,05. Ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test pada kemampuan mengenal huruf dan mengenal kata. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu ada pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf dan mengenal kata pada masyarakat kampung warmon Kokoda