Efektivitas Presentasi dengan ClassPoint untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Analisis dan Aplikasi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.36232/pendidikan.v13i2.2673Keywords:
Analisis, Aplikasi, ClassPoint, Presentasi, Taksonomi BloomAbstract
Presentasi dengan PowerPoint adalah media ajar dan metode mengajar yang sangat mendominasi pembelajaran nyaris di semua negara. Tetapi di Indonesia, pengajaran berbasis presentasi kerap dilaksanakan tanpa memastikan apakah medium informasi untuk menyampaikan informasi di PowerPoint-nya cocok untuk meningkatkan pemahaman kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan presentasi mahasiswa dengan memberikan pelatihan menggunakan ClassPoint dan membandingkan efeknya terhadap pemikiran level rendah (level 3 menerapkan) dan level tinggi (level 4 analisis). Metode penelitian menggunakan kuasi-eksperimental dengan partisipan 32 mahasiswa semester 2 yang berlangsung selama 4 minggu. Setelah menganalisis hasil data dari instrumen quiz yang didesain peneliti dengan paired sample t-test, studi ini menemukan bahwa meskipun secara keseluruhan pemahaman siswa meningkat setelah melakukan presentasi yang lebih interaktif dengan ClassPoint, nilai rata-rata mereka tetaplah rendah (pre-test 32 dan post-test 56.5). Terlebih lagi, peningkatan pemahaman siswa di level 3 jauh lebih tinggi daripada level 4, mengindikasi bahwa mahasiswa masih terbiasa dengan pemikiran tingkat rendah (LOT). Kebaruan studi ini adalah pengujian enam macam medium informasi (visual, audio, dan kombinasi audiovisual) untuk menentukan media apa yang paling efektif dalam meningkatkan pemahaman kognitif mahasiswa, dan ditemukan hanya media visual (hanya gambar) yang signifikan untuk meningkatkan kedua level kognitif, sedangkan media audiovisual (hanya video) tidak memiliki efek yang signifikan.