Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Membangun Kejujuran di Era Post Truth

Authors

  • Zwesty Kendah Asih Magister Pendidikan Agama Islam IAIN Pontianak,Indonesia
  • Wahab Magister Pendidikan Agama Islam, IAIN Pontianak, Indonesia
  • Syamsul Kurniawan Magister Pendidikan Agama Islam, IAIN Pontianak

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pembelajaran PAI dalam membangun kejujuran pada peserta didik, serta mengidentifikasi strategi pembelajaran yang efektif untuk membangun kejujuran di era post-truth. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dan kajian dari penelitian ini menggunakan Literature review atau studi kepustakaan. Perkembangan teknologi digital melahirkan sebuah fenomena baru  yang   disebut   dengan post-truth. Era Post-Truth ditandai dengan dikesampingkannya kebenaran dan emosi menjadi motif tindakan. Kriteria  kebenaran  menurut masyarakat dalam era post-truth  tidak  lagi menjadi  fokus  utama  yang  dicari dalam  setiap  proses pertukaran informasi satu sama lain. Fenomena post-truth menggambarkan kecenderungan masyarakat untuk lebih  memprioritaskan  pembenaran  daripada  mencari kebenaran  sejati. Pembelajaran PAI memiliki   peran   sangat   penting   dalam   menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh era post-truth. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) mengajarkan nilai-nilai etika dan moral yang dapat membantu individu membedakan antara kebenaran dan kebohongan. Pendidikan agama islam juga berfokus pada pembentukan karakter yang baik. Karakter yang kuat akan membantu individu untuk tetap pada prinsip kebenaran. Pendidikan spiritual yang terdapat dalam pembelajaran PAI juga melibatkan refleksi diri, di mana peserta didik diajarkan untuk mengevaluasi tindakan dan sikap mereka. Refleksi ini dapat mendorong mereka untuk berkomitmen pada kejujuran sebagai bagian dari pengembangan diri. Mengingat kompleksitas tantangan era post-truth, strategi pembelajaran PAI sangat diperlukan untuk membangun kejujuran di era post truth yaitu dengan pembelajaran berbasis nilai-nilai kejujuran, pembelajaran berbasis masalah, Pembelajaran dengan Refleksi Spiritual, Diskusi Terbuka dan Forum, Penerapan Teknologi untuk penguatan Literasi Media, serta keteladan pendidik dalam menerapkan nilai kejujuran dalam perilaku sehari-hari.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Zwesty Kendah Asih, Wahab, & Kurniawan, S. (2025). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Membangun Kejujuran di Era Post Truth. Jurnal Pendidikan, 13(1), 87–94. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikan2/article/view/227