Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya terhadap Minat Belajar IPA di SMP Persiapan Distrik Supnin Kabupaten Raja Ampat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penegaruh penggunaan media pembelajaran audio visual pada materi klasifikasi materi dan perubahannya terhadap minat belajar ipa di SMP Persiapan Distrik Supnin Kabupaten Raja Ampat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan mengungkapkan suatu apa adanya. Penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel. Sedangkan penelitian kualitatif, banyak di tuntut menggunakan angka mulai dari pengumpulan data penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dari hasilnya. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Persiapan Supnin Kabupaten Raja Ampat sebanyak 15 peserta didik. Uji validasi instrument menggunakan validasi ahli dengan angket yang berjumlah 15 item pertanyaan. Hasil uji coba menghasilkan jawaban ‘ya’ nilai rata-ratanya 60% sedangkan yang menjawab ‘tidak’ rata-ratanya 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual pada materi klasifikasi materi dan perubahannya di SMP Persiapan Distrik Supnin Kabupaten Raja Ampat dapat meningkatkan minat belajar IPA.