Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Gotong Royong Siswa Dengan Bantuan Media Erang (Engklek Orang) Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SD 2 Undaan Lor Kudus
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan karakter gotong royong siswa kelas V SD 2 Undaan Lor dengan menggunakan bantuan media permainan tradisional engklek orang (erang). Penelitian ini berlangsung dengan dua siklus dan masing-masing siklus 2 pertemuan yang terdiri perencanaan, tindakann, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD N 2 Undaan Lor Kabupaten Kudus dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kulitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil proses pembelajaran siklus I, proses pembelajaran pendidikan pancasila karakter gotong royong siswa masih rendah dibawah standar KKM yaitu 69% atau hanya 8 siswa yang tuntas dari 28 siswa.hasil evaluasi akhir siklus II menunjukkan perubahan peningkatan karakter gotong royong siswa paa materi pendidikan pancasila sebanyak 95% dan semua anak rata-rata tuntas dengan skor perolehan maximal paling redah KKM dan paling tertinggi skor 94.