Pengaruh Effort Expectancy, Social Influence, dan Curiosity Terhadap Niat Penggunaan ChatGPT Dimoderasi Gender pada Pembelajaran Ekonomi Mahasiswa
Keywords:
ChatGPT, Effort Expectancy, Social Infuence, Curiosity, GenderAbstract
Munculnya ChatGPT memberikan dampak yang signifikan pada berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh effort expectancy terhadap niat penggunaan ChatGPT pada pembelajaran ekonomi mahasiswa; (2) pengaruh social influence terhadap niat penggunaan ChatGPT; (3) pengaruh curiosity terhadap niat penggunaan ChatGPT; dan (4) peran gender dalam memoderasi hubungan antara effort expectancy, social influence, dan curiosity terhadap niat penggunaan ChatGPT. Menggunakan teori dasar Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), penelitian ini menerapkan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan populasi 3660 mahasiswa dan sampel yang didapat sebanyak 361 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan memberikan kuesioner Google Form yang dimodifikasi dari penelitian terdahulu dan dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa effort expectancy, social influence, dan curiosity berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan ChatGPT, dengan gender memperkuat pengaruh ketiga variabel tersebut. Penelitian ini berkontribusi pada literatur dan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi niat menggunakan teknologi kecerdasan buatan pada pembelajaran Ekonomi di perguruan tinggi dengan gender sebagai moderator.