Pengembangan Modul Ajar Digital Pada Mata Kuliah Menulis Kreatif

Authors

  • Erni Fatmawati Universitas PGRI Pontianak
  • Fitri Wulansari Universitas PGRI Pontianak

Keywords:

Pengembangan, Modul Ajar Digital, Menulis Kreatif

Abstract

Analisis awal yang dilakukan terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ditemukan bahwa mahasiswa membutuhkan modul ajar digital sebagai sumber belajar tambahan. Karena itu maka dilakukan penelitian untuk mengembangkan modul ajar digital yang bertujuan untuk membantu mahasiswa agar dapat mengulang Kembali mata kuliah menulis kreatif yang dapat diakses dimanapun. Hasil penelitian pengembangan modul ajar digital dengan menggunakan rancangan Richey dan Klein melalui tiga tahapan yaitu perencanaan (planning), memproduksi (production), dan evaluasi (evaluation) menunjukkan hasil modul ajar digital yang di kembangkan telah melalui tahapan uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi dengan persentase sebesar 97% dengan kategori sangat layak. Sementara hasil dari uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli media memperoleh nilai dengan persentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Dan hasil dari uji coba lapangan terhadap modul ajar digital diperoleh persentase sebesar 97% dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa modul ajar digital untuk mata kuliah menulis kreatif yang dikembangkang layak untuk digunakan. Diharapkan para pendidik dapat mengembangkan modul ajar lainnya yang dapat mendukung peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Erni Fatmawati, & Fitri Wulansari. (2025). Pengembangan Modul Ajar Digital Pada Mata Kuliah Menulis Kreatif . Jurnal Pendidikan, 13(1), 19–27. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikan2/article/view/147