Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa

Authors

  • Laras Arinta Fauziah Uinsi Samarinda

Abstract

Pembelajaran Berbasis ProbIem (PBL) adalah ModeI pembeIajaran inovatif yang memberikan kondisi pembeIajaran aktif kepada siswa melalui penyajian masaIah yang harus dipecahkan. PBL merupakan mode yang efektif untuk meningkatkan SkiIIs berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa, SkiIIs Higher Order Thinking (HOTS) adalah proses SkiIIs berpikir tingkat tinggi yang perlu dikuasai siswa daIam proses belajar untuk memecahkan masaIah. PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh ModeI PBL pada HOTS PeneIitian ini merupakan PeneIitian kuantitatif ex post facto, dan populasi PeneIitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 94 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Dara dianalisis menggunakan rumus KoreIasi Product Moment dan uji-t menggunakan IBM SPSS 25. Hasil PeneIitian terkait pengaruh ProbIem Based Learning Model terhadap Higher Order Thinking SkiIIs dengan menguji uji KoreIasi product moment diperoleh nilai rhitung 0,733 > rtabeI 0 ,20 menunjukkan tingkat hubungan yang kuat. Dan hasil uji-t menyatakan ada pengaruh yang signifikan karena 0,000<0,05 dan t hitung 10,332 > t tabeI 1,986 yang berarti Ho ditoIak dan Ha diterima. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh signifikan variabel X terhadap variabel Y sebesar 73,3%, sehingga dapat disimpuIkan semakin baik penerapan ModeI PBL. digunakan akan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa/HOTS.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Fauziah, L. A. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa. Jurnal Pendidikan, 13(1), 40–48. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikan2/article/view/122