PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMBELAJARAN EKOSISTEM DI SMP MUHAMMADIYAH AIMAS KABUPATEN SORONG
Keywords:
PBL, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajara Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pelajaran Ekosistem di SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Jenis / metode Penelitian merupakan. faktor penting yang sangat menentukan hasil penelitian. Pembelajaran berbasis masalah; Hasil Belajar. rumusan masalah (1) Bagaimana Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekosistem sebelum menggunakan Model Pembelajaran problem based learning? (2) Bagaimana Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekosistem setelah menggunakan Model Pembelajaran problem based learning? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah aimas berjumlah 25 siswa, sedangan sampel adalah siswa kelas VII A dan B berjumlah 51siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar Observasi Siswa,Guru dan Soal pre-test, post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan ada nya pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem di SMP dengan nilai rata-rata. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2, dengan nilai rata-rata siklus 1 sebesar 41,48 dan siklus 2 sebesar 47,49. Sedangkan standar deviasi mengalami perbedaan dari siklus 1 dan siklus 2 dengan standar deviasi siklus 1 sebesar 52,60, dan standar deviasi siklus 2 sebesar 44,57. Sehingga dikategorikan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa.