ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 5 KABUPATEN SORONG
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v12i1.1307Keywords:
Prestasi Belajar, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Siswa, Buah KetapangAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, dan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. Penelitian dilakasanakan di SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan 30 siswa dengan model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sighitung = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 44,525 > Ftabel 3,143, terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sighitung = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,571 > ttabel = 1,998, dan terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,715 > ttabel = 1,998.