STRATEGI PUBLIC RELATIONS RUMAH ETNIK PAPUA MELALUI INSTAGRAM

Authors

  • Lutfia Hermawati Putri Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Juminah Juminah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Rahmat Hidayat Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36232/jppadap.v5i02.3596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi public  Relations yang diterapkan oleh Rumah Etnik Papua melalui platform Instagram serta dampaknya terhadap promosi produk dan budaya Papua. Rumah Etnik Papua merupakan destinasi wisata budaya yang terletak di Kelurahan Malasom, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana utama dalam komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggali secara mendalam aktivitas promosi yang dilakukan melalui akun Instagram @rumah_etnik_papua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Public Relations yang diterapkan meliputi optimalisasi fitur Instagram seperti reels, stories, live streaming, penggunaan hashtag relevan, kolaborasi dengan influencer, serta narasi visual budaya Papua yang konsisten. Rumah Etnik Papua juga memiliki tim konten kreator dan media sosial yang berperan penting dalam pengelolaan promosi digital. Dampak dari strategi ini terlihat dari meningkatnya engagement, jumlah pengikut, serta kesadaran dan minat audiens terhadap produk dan budaya Papua. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman strategi komunikasi pemasaran berbasis media sosial, khususnya dalam konteks promosi destinasi wisata dan produk budaya lokal.

References

Referensi Buku

Andy, P. W., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing (1st ed.). PT. Literindo Berkah Karya.

Anggoro, M. L. (2002). Teori dan Profesi Kehumasan. Bumi Aksara.

Ghazali, M. (2016). Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram: Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Publishing House.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertasi Contoh Praktis Riset Meida, Public Relations, Advertising, Komunikasi, Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.

Morrisan. (2008). Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio & Televisi. Kencana.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Kompas Gramedia.

Saputra, W., & Nasrullah, R. (2014). Public Relations 2.0: Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber. Gramata Publishing.

Shilfani, S., Judijanto, L., & Sepriano, S. (2025). Public Relations: Membangun Citra Positif dan Meningkatkan Kepercayaan Publik. PT. Green Pustaka Indonesia.

Referensi Jurnal

Afgiansyah, A. (2022). Pemetaan Berita Politik Dari Media Terafiliasi Politisi (Telaah Berita-Berita Tvone Di Twitter). Massive Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 12.

Aini, N., Satria, A., & Sri Wahyuni, E. (2019). Mechanisms of Access and Power in Strengthening the Performance of Marine Ecotourism Management Institutions. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 7(1), 65–77.

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada A.D.A Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2).

Aryani, I. D., Murtiariyati, D., Widya, S., & Yogyakarta, W. (2022). Indita Dewi Aryani Dita Murtiariyati SOUVENIR PROJECT. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Wiya Wiwaha, 2(2).

Aziza, T. N., & Itcianday, I. (2018). The Role Of €OEincar― (Smart Information By Adolescents) In The Genre Program (Planning Generation) In Nunukan District. Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(2), 126–138.

Bastaman, H. Z., & Fadhilah, I. (2024). Strategi Pemasaran Media Sosial Untuk Meningkatkan Top Of Mind Awareness Di Industri Coworking Space Jatinangor: Kasus Sono Creative Space. Jurnal Ekonomi Dirgantara, 8(6).

Bautista, P. (2023). Marketing Public Relations Dalam Program CSR Kiyopi Kopi Melalui Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 77–84.

Belanche, D., Cenjor, I., & Pérez-Rueda, A. (2019). Instagram Stories Versus Facebook Wall: An Advertising Effectiveness Analysis. Spanish Journal of Marketing - Esic, 23(1), 69–94.

Berkowski, G. (2016). How to Build a Billion Dollar App: Temukan Rahasia dari Pengusaha Aplikasi Plaing Sukses di Dunia. Gemilang.

Dianta, A. F., Revindasari, F., Darmawan, Z. M. E., Sudaryanto, A., & Fathoni, K. (2025). Implementasi Teknologi Interactive Projection Sebagai Media Tampilan Produk UMKM. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 7(1), 66-77.

Feranika, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dan Pengenalan Aplikasi Pencatatan Keuangan Pada Kelompok Umkm Sahabat Mahnies Dan Kelompok Wirausaha Pemula (Kwp) Di Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Unama, 1(1).

Handayani, L. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis E-Learnig Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Upn Veteran Jakarta. Global Komunika Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2), 10–19.

Hardian, V. S. H., Kholik, A., & Fatimah, A. N. (2024). Pengaruh Key Opinion Leader (KOL) Terhadap Jumlah Followers Instagram Tropikana Waterpark. Ranah Research Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 916–932.

Hasim, H. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Scoop Dan Skoop Dalam Membangun Brand Image. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(1), 62–71.

Hayyuni, M. A., & Sari, G. G. (2020). Strategi Promosi Dan Komunikasi “UIN SUSKA Mengajar” Dalam Meningkatkan Kesadaran Publik Mengenai Pendidikan. Profesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(1), 1.

Hopfer, S., Phillips, K. K., Weinzierl, M., Vasquez, H. E., Alkhatib, S., & Harabagiu, S. M. (2022). Adaptation and Dissemination of a National Cancer Institute HPV Vaccine Evidence-Based Cancer Control Program to the Social Media Messaging Environment. Frontiers in Digital Health, 4.

Indriaturrahmi, I., & Fitriani, F. (2021). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Potensi Promosi Calon Mahasiswa Baru Studi Kasus Universitas Pendidikan Mandalika. Matrik Jurnal Manajemen Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 397–406.

Ismail, A. N. (2024). Peran Public Relations Dalam Membangun Komunikasi Karyawan Dan Pimpinan Yang Konstruktif Pada Perusahaan. Prologia, 8(1), 134–142.

Ismaya, B., Prasetya, Y. B., Utami, B., Hidayat, M. S., & Setyariningsih, E. (2023). Pelatihan Pemasaran Dan Distribusi UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 228–233.

Jo, S. (2003). The Portrayal of Public Relations in the News Media. Mass Communication & Society, 6(4), 397–411.

Katz, E., Blumler, J., & Gurevitch, M. (1974). Uses and gratification theory. Public Opinion Quarterly, 37(4), 509-523

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertasi Contoh Praktis Riset Meida, Public Relations, Advertising, Komunikasi, Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.

Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953.

M. Syam, H., Rumyeni, R., & Samsudin, D. (2023). Konsep Strategi Branding Destinasi Bagi Industri Pariwisata Halal Dalam Menarik Wisatawan. Warta ISKI, 6(2), 143–152.

Mahfuzhah, H., & Anshari, A. (2018). Media Publikasi Humas Dalam Pendidikan. Al-Tanzim Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 137–149.

Mamis, S. (2020). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Baru Dalam Komponen Pembelajaran. Al-Munzir, 13(2), 253.

Miliani, A., Pramudita, S., Rosanti, R., Febriyanti, G., & Kartika, K. (2025). Corporate communication Sebagai Strategi Utama dalam Pengelolaan Citra Organisasi. COMTE: Journal of Sociology Research and Education, 1(6), 250-258.

Mishori, R., Singh, L., Lin, K. W., & Wei, Y. (2019). #Diversity: Conversations on Twitter About Women and Black Men in Medicine. The Journal of the American Board of Family Medicine, 32(1), 28–36.

Nasri, J., Faramit Sanaba, H., Hadi, S., Parama Astirin, O., Rahayu, M., Hermawati Putri, L., Didit Gozali, M., & Olivia Marchivanalia, P. (2024). Pelatihan Penerepan Teknologi Dan Inovasi Digital Untuk Meningkatkan Omset Industri Pariwista. 8(3), 3186–3200.

Nugraha, R. B., Firmansyah, A., & Jaohari, E. J. (2024). Kolaborasi Musisi Dan Influencer Tiktok Sebagai Strategi Promosi Lagu Kayla “Masa SMA.” Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 11112–11121.

Pertiwi, E., & Sanusi, A. P. (2023). Storytelling in the Digital Age: Examining the Role and Effectiveness in Communication Strategies of Social Media Content Creators. Palakka Media and Islamic Communication, 4(1), 25–34.

Pramono, M. F. (2016). Komunikasi Pembangunan Dan Media MASSA Suatu Telaah Historis, Paradigmatik Dan Prospektif. Ettisal Journal of Communication, 1(1), 41.

Pravina, T. O. (2023). Analisis Keefektifan Instagram (@Jinawigreens) Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Jinawi Farm Hidroponik Karanganyar. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3), 245–258.

Prihandini, F., & Hadi, A. (2021). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 57–70.

Putri, T. R., & Sujono, F. K. (2024). Utilization of Social Media as Indonesia’s Tourism Public Relations Strategy. Al Qalam Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(2), 1553.

Qadriah, L. (2023). Pelatihan Desain Landing Page Untuk Pemasaran Hasil Pertanian Masyarakat Gampong Baroh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Al Ghafur Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Quintana, J. G., & León, E. V. d. (2021). Educational Influencers on Instagram: Analysis of Educational Channels, Audiences, and Economic Performance. Publications, 9(4), 43.

Rahmayanie, A. M., Afiffah, A. V, Anggraini, I. D., Hermawan, H. D., Mukhlasin, L., & Kurniawan, D. (2022). Efektivitas Digital Marketing Sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Marketing Di Konveksi BUMDes. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 123–132.

Ramadhan, D. A. (2024). Site Design Dan Interactive Melalui Instagram: Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kopi Cimanggu. Mavis Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(01), 12–19.

Ramadhan, D. A., Fitriah, M., & Sukarelawati, S. (2024). Site Design Dan Interactive Melalui Instagram: Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kopi Cimanggu. Mavis Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(01), 12–19.

Ramadhani, R. S., Ningsih, M., & Syaifuddin, A. (2023). Membangun Kesadaran Merk Umkm “Mpu Keris” Melalui Digital Branding. Jurnal Abdi Panca Mara, 4(2), 13–20.

Recuero, R., Zago, G. d. S., Bastos, M., & Araújo, R. (2015). Hashtags Functions in the Protests Across Brazil. Sage Open, 5(2).

Risyan, F. (2021). Hubungan Pengetahuan Komunitas Pendengar Terhadap Iklan SmartFren Di Radio Elgangga Dengan Minat Beli. JPR, 2(2), 98–104.

Rizky, M. A. (2023). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Falah Banyuasin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (Jimpa), 3(2), 249–260.

Selna Adesetiani, M Kolopaking, L., & Eriyatno, E. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Wisata Homestay Berbasis Komunitas di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 9(3).

Sharma, N., & Arora, N. (2023). Do Instagram Reels Influence Travelers’ Behavioral and E-Wom Intentions for the Selection of Ecotourism Destination? Journal of Hospitality and Tourism Insights, 7(5), 2603–2623.

Sidqiyah, N. (2021). Kegiatan Public Relations Melalui Instagram @Im_roadrunner Dalam Mempromosikan Event Virtual Run. Cyberpr, 1(2), 114–125.

Sidqiyah, N., Arief, M., & Hamzah, R. E. (2021). Kegiatan Public Relations Melalui Instagram @im_roadrunner Dalam Mempromosikan Event Virtual Run. Jurnal Cyber PR, 1(2), 114.

Siregar, I. N. P. (2023). Pelatihan Digital Marketing Media Pemasaran Madu Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kampung Baru. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 3(1), 199–206.

Sjafirah, N. A., Fadilah, E., & Basith, A. A. (2018). Pelatihan pemanfaatan media sosial untuk promosi pariwisata dan potensi kearifan lokal di Pantai Sayang Heualang Kab. Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 990-991.

Sterne, G. D. (2010). Media Perceptions of Public Relations in New Zealand. Journal of Communication Management, 14(1), 4–31.

Sularto, B. A. P., & Setyabudi, D. (2025). Peran Komunikasi Strategis Dan Content Planner Dalam Kampanye Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Awareness Brand Value Paropakara Di Semarang. Interaksi Online, 13(2), 709-720

Suryajaya, S. J. (2023). Evaluasi Kesadaran Merek Berdasarkan Peranan Iklan Dan Promosi Penjualan. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10050–10057.

Susanti, E., Ariyana, R. Y., Wibowo, S. M., & Sya’bani, D. R. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Lokasi Wilayah Promosi Penjaringan Mahasiswa Baru Dengan Metode TOPSIS. Techno Com, 21(4), 765–777.

Suwandojo, D. P. (2024). Strategi Promosi Call Me Tiramisu Di Media Sosial. Journal of Food and Culinary, 112-122.

Swarna, M. F. (2024). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Pola Komunikasi Interpersonal. Karimahtauhid, 3(1), 1012–1019.

Syaputra, S. A., Azis, H., & Wisudawanto, R. (2024). Integrated Marketing Communication dalam Mempromosikan Wisata Waduk Gajah Mungkur di Era Digital. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(4), 212-238.

Tambunan, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens. Jurnal Simbolika Research and Learning in Communication Study, 4(1), 24.

Taryana, A. (2023). Peran Integrated Marketing Communication Pada Perusahaan Media (Di Menara62.com – Media Dakwah Muhammadiyah). Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 277–282.

Valencialaw, N. (2023). K-Pop Dan Perilaku Konsumtif Menonton Konser. Koneksi, 7(1), 112–119.

Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26–39.

Wilantari, N. N. A., & Memoriance. (2018). Komunikasi Massa Dalam Manajemen Pariwisata. Dharma Duta, 16(1).

Zalyanti, N. A., Santi, I. N., Adam, R. P., & Nugraha, M. E. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Metode Online To Offline (O2O) Pada Penggunaan Sosial Media Di CV. Alfin Jaya Motor. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 21(3), 453-465.

DeFleur, M. L., & Dennis, E. E. (2002). Understanding Mass Communication: A Liberal Arts Perspective. Boston: Houghton Mifflin.

McQuail, D. (2011). McQuail's Mass Communication Theory (6th ed.). London: SAGE,fPublications.

Penelitian Yang Relevan:

Sidqiyah, N. (2021). Kegiatan Public Relations Melalui Instagram @Im_roadrunner Dalam Mempromosikan Event Virtual Run. Cyberpr, 1(2), 114–125.

Kholis, N., & Putri, G. S. (2022). Peran Instagram dalam Strategi Digital Public Relations bagi Industri Perhotelan di Kota Malang. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 18(2), 54.

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada A.D.A Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2).

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Putri, L. H., Juminah , J., & Hidayat , R. (2025). STRATEGI PUBLIC RELATIONS RUMAH ETNIK PAPUA MELALUI INSTAGRAM . JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK, 5(2), 318–331. https://doi.org/10.36232/jppadap.v5i02.3596